Honda Mini: Angkot Pertama Salatiga (?)


Honda Mini: Angkot Pertama Salatiga (?)

oleh Antyo pada 13 Agustus 2010

Mendengar nama “Honda Mini” pada tahun 70-an, orang Salatiga langsung paham bahwa itu adalah mobil angkutan umum, bukan sepeda motor. Bukan Honda mini trail CT70 tapi sebangsa Honda TN360 (berapa cc? < 500?). Replika diecast-nya semoga sudah Anda punyai karena Tomica maupun Ebbro pun bikin. Kalau Anda belum punya silakan ke e-Bay. :)
Di Facebook (akun Bambang Ismanto) saya temukan foto Honda Mini itu. Karena ada warung soto Soponyono dalam gambar, mungkin saja mobil kecil berupa pikap itu masih mangkal di depan Pasar Baru, sebelum pindah ke Taman Sari.
Saya lupa kapan sejak kapan Honda Mini tersingkir, digeser oleh Daihatsu dan sejenisnya — serta tentu saja Colt. Sekitar 1977/78 barangkali? Tolonglah kalau ada yang ingat dan punya data.
Mulai kapan Honda Mini menemani dokar pun saya tak ingat secara pasti. Tahun 1970 seingat saya belum ada. Tahun 1971? Saya hanya ingat saat ada Pemilu (tanggal 3 Juli), dan hal baru yang saya kenal adalah organisasi bernama Golkar serta motor Honda S90 pelat merah yang banyak dibagikan kepada pegawai negeri.
Pada 1972 saya ingat sudah ada Honda Mini itu. Trayeknya tidak jauh, hanya sampai ke batas kota. Misalnya dari Taman Sari ke Tlogo (Damatex). Tapi dengan mobil sekecil itu, dua guru saya mengajak sebelasan murid pergi ke Yogya!
Mungkin karena penumpangnya bertubuh kecil maka mobil mungil berupa pikap beratap kanvas itu sanggup mengangkutnya.Gerah juga selama perjalanan, tapi adanya itu mau apa?
Mobil angkutan umum entah trayek mana itu milik satu dari tiga putra Van der Swan (Muhati) yang berumah di Jalan Beringin (Pattimura), dekat pertigaan dengan Jalan Kalisumbo. Yang saya maksud tiga putra itu adalah Aladdin, Abu Nawas, dan Ali Baba. Adik mereka, Agus Benyamin (teman sekelas) jelas belum memiliki mobil, begitu pula si bungsu Adonis.
Anda punya ingatan apa tentang Honda Mini di Salatiga?

0 komentar:

Posting Komentar